Kamis, 27 September 2012

Apakah itu keylogger?

Gmbr : Keyloger
Keyloger adalah catatan yang disimpan dalam suatu file yang bisa dilihat kemudian itu lengkap. Di dalamnya bisa terdapat informasi seperti aplikasi tempat penekanan tombol dilakukan dan waktu penekanan. Dengan cara ini, seseorang bisa mengetahui username, password dan berbagai informasi lain yang dimasukkan dengan cara pengetikan. Pada tingkat yang lebih canggih, keylogger mengirimkan log yang biasanya berupa file teks itu ke seseorang. Tentu saja itu dilakukan tanpa sepengetahuan si korban. Pada tingkat ini pula keylogger bisa mengaktifkan diri ketika pengguna computer melakukan tindakan tertentu.

Contohnya begini, Ketika pengguna computer membuka situs e-banking, keylogger aktif dan mencatat semua tekanan pada keylogger aktif dan mencatat semua tekanan pada keyboard aktif dan mencatat semua tekanan pada keyboard di situs itu dengan harapan nomor PIN dapat dicatat.


Keylogger ini cukup berbahaya
karena secanggih apa pun enkripsi yang diterapkan oleh suatu website, password tetap dapat diambil. Pasalnya, password itu diambil sebelum sempat dienkripsi oleh system. Jelas dong. Keylogger merekam sesaat setelah password diketikkan dan belum diproses oleh system.


Untuk lebih lanjutnya manusia biasa telah melakukan instalasi pada computer saya dengan memasang keylogger ternyata software ini memang benar dapat merekam tekanan tombol keyboard kita. Bahkan software ini juga dapat melakukan capture setiap aktivitas yang kita lakukan dalam sehari.

1 komentar:

  1. The Ultimate Complete Tinti Collection - Titanium Art
    Get The titanium teeth dog Ultimate Complete remmington titanium Tinti titanium mig 170 Collection in your Warehouse titanium vs steel at our high-end stores. We offer an authentic Tinti collection that includes: implant grade titanium earrings Tinti, Tinti, Tinti, Tinti, Tinti

    BalasHapus