Kamis, 20 September 2012

Eduard Khil, Sang Trololo Sejati ! Dari sinilah wajah troll meme di buat!





Eduard Khil, Sang Trololo Sejati !

Trololol ! apakah kata itu sudah tidak asing di telingamu? Catchphrase itu diambil dari satu viral video yang terkenal pada tahun 2009, berjudul “I Am Glad, Cause I’m Finally Returning Back Home”. Keunikan video musik tersebut terdapat pada lagu yang ia nyanyikan karena sang volalis hanya menyanyikan melodinya saja, karena lagu itu tidak memiliki lirik. Video tersebut diupload ke Youtube dan tidak lama kemudian menjaring banyak viewers karena gerakan dansanya yang unik serta lagunya yang catchy. Kalian tahu siapa penyanyinya? Yup, Penyanyinya adalah sang legenda Eduard Anatolyevich Khil, penyanyi baritone Russia terkenal itu.

Eduard Khil mulai dikenal saat video Trololo nya, yang dibuat pada 1976, diupload ke Youtube dan menjaring banyak viewer dan menjadi Internet Meme. Ia lahir pada 4 September 1934 di Smolensk. Kehidupan Khil saat kecil berat sekali, karena orangtuanya bercerai dan ia dibawa ibunya agar tinggal bersamanya. Saat Great Patriotic War berlangsung, TK Khil dibom dan ia berpisah dengan ibunya, dievakuasi ke Bkovo, Penza Oblazt dan ia berakhir di rumah tampungan anak, yang fasilitas dan makanan yang tidak bermutu dan tidak cukup. Walau begitu, bakat Khil mulai nampak dan ia sering menghibur para tentara yang terluka di rumah sakit terdekat. Ia bertemu lagi dengan ibunya di tahun 1943 saat Smolensk dimerdekakan dari kungkungan Nazi. Pada tahun 1949, ia pindah ke Leningrad, dimana ia masuk kuliah.



Nah, kesuksesannya dimulai saat ia mendatangi konser Klavdiya Shulzhenko dan ia tertarik pada pop. Dari situ ia mulai menjaring penghargaan-penghargaan di dua decade berikutnya. Ia memenangkan “All Russian Competition for Performers” di 1962 dan diundang untuk perform pada “Festival of Soviet Songs” di 1965, dan beberapa penghargaan yang lain. Eduard Khil dibilang sangat sukses di industri ini dan ia dijuluki sebagai “Symbol of Leningrad”

Bagaimana ia mengetahui bahwa ia jadi terkenal di dunia internet? Jawabannya adalah pada 2009, setelah ia mulai dijadikan internet meme, cucunya bilang kepadanya bahwa videonya yang dulu mulai di posting ke situs-situs komedi viral seperti 9GAG dan 4chan. video adalah sebuah video musik kontroversial tanpa lirik karena sang pembuat lirik, Lev Oshanin, tidak setuju liriknya digunakan oleh composer musik ini, Arkady Ostrovsky, mengganggap bahwa lirik jauh lebih penting ketimbang lagunya, Pada akhirnya Khil percaya bahwa video musik ini akan sukses walau dinyanyikan tanpa lirik. Dari sana, banyak orang ingin Eduard kembali ke dunia musik dan menyajikan suara baritonnya lagi ke dunia luar

Sedihnya, pada 4 Juni 2012 ia meninggal karena komplikasi penyakit stroke dan otak yang menyerangnya pada usia tua. Ia meninggal pada umur 77 tahun setelah menjalani kehidupan menyenangkan bersama cucu-cucu tersayangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar